BERITA / OTOMOTIF

Melongok Enam Koleksi Mobil Mantan Presiden Soekarno

Dari sekian mobil, ada enam unit yang kerap digunakan presiden pertama Republik Indonesia untuk urusan keluarga hingga negara.

Di masa kepemimpinannya sebagai seorang kepala negara, Presiden Soekarno dikenal dengan segudang aktivitasnya yang padat. Tentunya, untuk mendukung mobilitas tinggi, ia memiliki beberapa roda empat favorit untuk menunjang tugas kenegaraan.

Dari sekian mobil sang proklamator, terdapat enam unit yang kerap digunakan oleh presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Kini, setelah berganti enam presiden, roda empat tersebut bisa dibilang sebagai benda antik bersejarah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut uraikan enam koleksi mobil dari ayah mantan Presiden ke-5, Megawati Soekarno Putri, tersebut:

1. Chrysler Windsor Limo

Mobil ini diproduksi oleh Chrysler sebanyak dua kali, tepatnya pada tahun 1939 hingga 1961, dan tahun 1961 hingga 1966. Pada masanya, Soekarno turut menggunakan mobil pabrikan Amerika Serikat (AS) ini untuk menopang sejumlah tugas negara.

Menariknya, sebelum digunakan untuk dinas Soekarno, mobil ini turut digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Adapun, Chrsyler Windsor Limo ini memiliki mesin bertenaga 114 horsepower (HP) dengan transmisi manual empat-percepatan.

2. ZIL 111 Limo

Mobil lansiran tahun 1961 ini juga masuk ke dalam jajaran kendaraan bersejarah. Mobil yang digunakan oleh presiden pertama Indonesia ini mampu melesat dengan kecepatan maksimum 170 km/jam.

Saat ini, kondisi dari mobil produksi pabrikan Rusia itu tak lagi mulus. Pada masa jayanya, Zill 111 Limo bisa diajak berlari hingga kecepatan maksimam 170 km/jam.

3. Buick-8

Mobil ini memiliki kisah yang cukup heroik. Sebelum Buick-8 ini digunakan sebagai kendaraan dinas Presiden Soekarno, kendaraan ini adalah hasil pampasan dari penjajah Jepang. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 1.415 unit di dunia ini dikemas dengan mesin berkapasitas 5,2 liter.

Buick-8 yang memproduksi tenaga 141 hp pada 3.600 rpm itu kemudian dipasangi plat nomor Rep-1. Saat ini, mobil itu tersimpan di Museum Gedung Joang 45, Jakarta.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s